Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Singkong Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Singkong Atau di Sebut UbiBanyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Singkong Dan Daunnya Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tak banyak orang tau akan manfaat
Singkong untuk kesehatan.
karena singkong kebanyakan adanya di perkampungan/yang di sebut di kampungann petani.
Singkong selain dijadikan bahan makanan singkong ternyata memiliki segudang mafaat yang sangat baik bagi tubuh kita terutama bagi kesehatan tubuh manusia . Singkong atau ketela pohon ini merupakan salah satu tanaman ubi-ubian yang kerap kita jumpai di area lingkungan kita. Selain itu  mudah di tanam cukup tanam di tanah dan di tawat dengan baik maka singkong akan tumbuh & berbuah, ternyata singkong juga memiliki rasa yang enak. Ada beberapa cara penyajian singkong yakni dengan cara direbus, dibakar ataupun bisa juga digoreng, rasa singkong ini terbilang cukup enak dan mengenyangkan bagi perut apalagi jika kita santap dipagi hari dengan secangkir kopi atau teh hangat pasti rasanya Mantap.

Tak hanya dibuat sebagai makanan saja,
tapi pada jaman dulu nenek moyang kita kerap menggunakan singkong sebagai ramuan tradisional untuk mengobati berabagai macam penyakit salah satunya adalah untuk mengobati sakit maag. Tak hanya itu saja nutrisi yang terkandung pada singkong ini juga mampu menurunkan kadar kolestertol dalam darah sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes dll . Selain singkongnya daun singkong pun juga memiliki segudang manfaat yang tak kalah bagusnya dengan singkong, cukup rebus dengan air bersih daun singkong sampai dau lemas. Jadi dech daun singkong sebagai santapan makanan Kas rumah makan pandang.. para ahli kesehatan juga mengatakan jika daun singkong ini mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Singkong atau ubi kayu ataupun ketela
Pohon merupakan salah satu makanan
Pokok sumber karbohidrat.
Layaknya beras singkong juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh, jadi tidak heran jikan dahulu kala nenek moyang kita juga sering mengganti beras dengan singkong sebagai makanan pokok. Saat ini singkong menjadi salah satu bahan makan yang cukup populer, karean beberapa produk makanan saat ini kerap menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya seperti halnya keripik singkong. Tak hanya itu saja singkong juga merupakan bahan dasar pembuatan tepung tapioka.

Singkong juga bisa di jadikan makanan yang ga kalah enaknya contohnya:


:getuk singkong cara membuat getuk singkong sangat lah simple:

1.kupas 1 batang singkong lalu parud  batang singkong tersebut setelah itu diamkan 3mnit di tempat bersih

2.cetak parudan singkong tersebut dengan cara mencetak manual / pake tangan tapi sebelum mencetak gunakan sarung tangan supaya tidak kotor singkong tersebut. Lalu belah tengahnya masukan gula aren sedikit. Lalu tutup.


3.masukan cetakan singkong tersebut ke dalam penggorengan, setelah warna sudah mulai menguning dan aga kering angkat langsung. Jadi dech getuk singkong.
Masih banyak lagi manfaatnya singkong

Nah adapun kandungan nutrisi yang ada pada singkong berikut penjelasanya:



- Kalori 12 kal
- Air 62,50 gram
- Fosfor 40,00 gram
- Karbohidrat 34,00 gram
- Kalsium 33,00 mg
- Vitamin C 30,00 mg
- Portein 1,20 gram
- Besi 0,70 mg
- Lemak 0,30 mg
- Vitamin B1 0,01 mg


Seperti yang sudah kami sampaikan jika manfaat singkong bagi kesehatan sangat bagus, terlebih singkong banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu singkong juga sangat baik bagi yang menderita diabetes, pasalnya singkong mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes. Namun bagi penderita diabetes lebih baik mengkonsumsi singkong dengan cara direbus sehingga tidak meningkatkan indeks glikemiknya dan tidak melibatkan minyak goreng yang juga kurang baik bagi kesehatan jika mengkonsumsi dalam jumplah yang berlebih. Nah berikut adalah beberapa manfaat singkong untuk kesehatan, berikut informasinya.


Manfaat Singkong Untuk Kesehatan



Mencegah Anemia


Singkong mampu menceggah anemia, karena didalam singkong terkandung mineral besi yang dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting Hemoglobin dan Mioglobin yang bertugas untuk membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Selain itu mengkonsumsi daun singkang dan akar singkong juga dapat membatu tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses pembaharuan sel-sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi



Selain untuk mencegah Anemis manfaat singkong lainya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi dan juga Menjaga daya tahan tubuh. Singkong atau ketela pohon memang mengandung banyak kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat., Selain itu vitamin K pada daun singkong juga memiliki peranan potensial dalam membangun susunan tulang dan mencegah hilangnya Kalsium.

Sumber Energi Bagi Tubuh


Selain rasanya yang enak setelah digoreng ataupun direbus singkong juga menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh., singkong juga Sudah menyebar ke mana-mana Karna keripik singkongnya yang sudah di jual di pasaran mini Market, alfa marst, indomarets jadi singkong Sudah ga di ragukan lagi untuk kesehatan tubuh manusia..
Didalam 100 gram porsi terdapat 38 gram karbohidrat dan 160 kal kalori. Hal ini menjadikan singkong sebagai sumber energi yang sangat baik bagi tubuh yang mengalami aktivitas fisik yang berat. Sementara itu karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa yang bertindak sebagai sumber energi bagi sel tubuh manusia.

Melindungi dan Memperbaiki Jaringan Tubuh


Siapa sangka jika singkong mengandung banyak protein yang berperan penting dalam melindungi dan memperbaiki jaingan tubuh. Tak hanya singkongnya saja, namun daunya pun mengandung banyak protein seperti lisin, isoleusin, leusin, valin dan arginin yang tidak umum ditemukan pada tumbuhan berdaun hijau. Sementara itu memang hampir semua singkong mengandung asam amino yang dapat dibandingkan dengan telur dan kedelai yang dikenal sebagai sumber protein yang tinggi.

Singkong/daun singkong
Sungguh Luar Biasa manfaatnya bisa di jadikan sumber makanan yang sangat banyak dan juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurunkan Kolesterol Darah


Ubi kayu memang mengandung banyak serat dan serat tersebut membuat proses penyerapan gula ke dalam aliran darah lebih lambat. Jadi bagi penderita diabetes mengkonsumsi singkong tidak perlu khawatir jika gula dalam darah anda akan terus naik. Selain mengkonsumsi singkong bagi penderita diabetes juga sangat disarankan untuk rutin melakukan olahraga agar gula darah anda tetap terkendali dan terkontrol.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Menjaga jantung tetap sehat menjadi salah satu keutamaan setiap orang, pasalnya jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Nah agar jantung tetap sehat kalian bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dengan cara rutin melakukan olahraga serta makan-makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Salah satu makan yang dapat menjaga jantung tetap sehat adalah singkong atau ketela pohon jangan di ragukan lagi .karena  Singkong memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat mengontrol kadar kolesterol sehingga kalian akan terhindar dari berbagai penyakit.

Mencegah Kanker


Seperti halnya manfaat buah pepaya, singkong juga mempu mencegah penyakit kanker. Karena di dalam singkong mengandung anti oksidan yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan bisa menyebabkan kanker. Anti oksidan sendiri dikenal membantu tubuh dalam melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperbaiki DNA yang rusak.

Mencegah Sembelit


Dengan banyak mengandung banyak serat singkong mampu membatu kalian untuk mencegah sembelit. Selain itu dengan mengkosumsi singkong secara rutin dan teratur mampu membuat sistem pencernaan lebih lancar sehingga kalian akan terhindar dari sembelit.

Menurunkan Berat Badan


Bagi kalian yang sedang melakukan penurunan berat badan mungkin mengkonsumsi singkong bisa menjadi satu jalan yang baik bagi anda jika Anda tubuhnya banyak lemak /gemuk tidak sehat Anda sesering mungkin Anda mengonsumsi makanan yang terbuat dari singkong. Selain enak singkong juga mengenyangkan bagi perut sehingga kalian tidak perlu makan terlalu banyak. Selain itu singkong juga mengandung banyak serat yang dapat membatu menurunkan berat badan dengan mempertahankan ras kenyang.

Bebas gluten dan nutrisi untuk pasien
Celiac
Singkong bebas dari gluten (protein yang biasanya ditemukan dalam gandum, barley, gandum dan gandum hitam dan bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang). Orang dengan pengidap Celiac dapat mengkosumsi pati atau tepung yang terbuat dari singkong karana terbebas dari gluten. Jadi mereka masih bisa menikmati kue yang terbuat dari singkong dan hidangan guring lainya.

Membatu Mengatur Denyut Jantung dan Tekanan Darah


Selain mengurangi resiko terkena penyakit jangtung singkong juga mampu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Hal ini karena singkong memiliki kalsium berperan sebagai komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Para ahli juga menunjukan bahawa kalsium yang dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Seperti halnya manfaat madu murni, singkong ternyata juga mampy meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikerenakan serat singkong terutama pada daunya dapat mendorong pertumbuhan probiotik atau bakteri baik didalam usus dan probiotik itu sendiri juga dikenal sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sementara itu pertumbuhan bakteri baik didalam usus manusia dapat meningkatkan kekebalan dengan membatasi jumplah mikroorganisme patogen dalam tubuh.

Membatu Mengurangi Stress dan Kecemasan


Singkong juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, dan sangat berperang penting dalam membantu mengurangi strees dan kecemasan. Sementara itu singkong juga banyak mengandung magnesium yang diketahui mampu meredakan stress dan memiliki peran dalam menenangkan sistem saraf.

Mencegah Alzheimer


Pada daun singkong juga ditemukan vitamin K dan sudah terbukti sangat berperan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan mengatasi kerusakan saraf di otak. Tak hanya itu saja mengkonsumsi vitamin K dalam jumplah yang cukup juga membantu otak dari kehilangan fungsi sel.


Menjaga Kelancaran Metabolisme


Didalam singkong juga mengadung beberapa nutrisi baik seperti folat, piridioksin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat yang penting dalam memproduksi hormo metabolisme dan menjaga kelancaran metabolisme tubuh, shingga tubuh menjadi tetab sehat dan bugar setiap hari.

Menurunkan Tingkat Gula Darah


Serat dalam singkong sangat berperan dalam pembuatan penyerapan prosess gula ke aliran darah menjai lebih lambat. Nah bagi para penderita diabetes mengkonsumsi singkong tidak perlu khawatir jika gula darah kalian akan meningkat.


Sumber Serat Yang Tinggi


Singkong merupakan jenis ubi-ubian yang mengandun serat yang cukup tinggi, vitamin dan mineral yang ada didalam singkong juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kalian akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan dengan serat yang cukup tinggi ini sing bisa memperlancar dan menjaga sistem pencernaan kita dari berbagai penyakit

Itulah manfaat-manfaat Singkong rebus/singkong bakar/singkong goreng/daun singkong.
Sungguh Luar Biasa khasiatnya

Posting Komentar untuk "Khasiat Singkong Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit"

Iklan Bawah Artikel